Selasa, 12 Juni 2012

BESIHKAN PENYAKIT JIWA


Allah Swt. Berfirman dalam Al-Qur’an:
sesungguhnya telah menang orang-orang yang memebersihkan jiwanya, dan merugilah orang yang mengotorinya” (Asy-Syam:9-10)

Dalam ayat ini Allah Swt. Memerintahkan agar umat Islam berusaha memelihara jiwanya. Senantiasa membersihkan jiwa dan tidak mengotoronya dengan perbuatan yang di larang Allah Swt.

            Jiwa manusia apabila tidak dipelihara akan mudah rusak dan sakit. Kiwa yang rusak dan sakit yang menimbulkan penderitaan dan kesengsaraan pada dirinya. Penderitaan dan kesengsaraaan akibat rusak dan sakit jiwa tentu lebih berat dari akibat rusak dan sakit badan. Bahkan oenderitaan dan kesengsaraan yang akan memperolehnya akan menjadikannya tidka bahagia, lahir dan batin, didunia dan di akhirat.

            Orang yang mememiliki jiwa yang sakit dan rusak itu tercermin dari tingkah laku dan perbuatan-perbuatannya. Secara lahiriah mungkin tidak keliatan, orang yang sakit dan rusak jiwanya. Tapi dari tingkah laku dan perbuatan-perbuatannya jelas tampak orang itu sakit dan rusak.

            Dalam Al-Quran disebutkan beberapa contoh  model daan tipe orang-orang yang memiliki jiwa yang sakit dan rusak diantaranya:

1.      Qabil
Qabil adalah putra nabi Adam. Dalam Al-Qur’an dijeaskan, qabil telah membunuh saudaranya Habil. Karena rasa dengki dan berang. Kedengkiannya timbul karena qurbannya tidak diterima, sementara qurban Habil diterima Allah Swt.

     Orang yang memiliki sifat dengki, tidak senang sama orang lain yang maju dan sukses, orang yang seperti ini berarti jiwany yang sakit dan rusak. Wajarlah jika perbuatannya pun merusak seperti Qabil tersebut.
    
Kenapa qurban Qabil tidak diterima oelh Allah Swt. Sementara Habil diterima??

Karena qurban yang diberikan oleh Qabil berupa gandum yang bermutu jelek. Karena karakternya jelek, serakah dan bakhil. Sementara Habil memberi qurban berupa hewan gemuk. Ia seorang yang shaleh dan pemurah, jika berqurban dipilihnya yang baik. berarti orang yang serakah dan bakhil adalah sahabatnya Qabil, yang jiwanya sakit dan rusak. Na’udzubillah.

Adapun orang yang shaleh yagn pemurah adalah saudaranya Habil, yagn jiwanya yang sehat dan tenang, bersikap ramah dan murah

Allah Swt. Berfirman:
barang siapa yang diselamatkan daripada kebakhilan dirinya, maka ialah orang yang berbahagia” ( Al-Hayr: 9)



2.      Fir’aun
Dalam Al-Qur’an kemukakan seseorang penguasa yagn dzalim, yang menindas rakyatnya dan orang-orang yang beriman pengikut Nabi Musa As, yang tidak mengakui Fir’aun sebagai Tuhan akan di bunuh.

Kedzaliman dan kesombongan Fir’aun sebagai penguasa ini mencermainkan jiwa yang sakit dan rusak. Terlebih lagi dia mengaku sebagai Tuhan, maka makin rusak dan sakit jiwanya.

Kedzaliman dan kekejaman Fir’aun yang paling sadis anatara lain terhadap Siti Masyitah, seorang wanita yang beriman beserta anak-anak dan suaminya.

Masyita sebagai pembantu Fir’aun ketahuan beriman kepada Allah Swt dan tidak mau mengakui Fir’aun sebagai Tuhan. Resikonya, Masyita mendapat hukuman yang sadis. Disediakan penggorengan besar yang didalamnya terdapat air yang mendidih.

Masyita diancam Fir’aun apabila tidka mau menanggalkan keimanannya kepada Allah Swt akan di ceburkan kedalam air mendidih di penggorengan itu. Teguhnya iman Masyita tidak sedikitpun membuat gentar dengan ancaman Fir’aun. Suaminya dimasukkan kedalam air yang panas mendidih dan juga anaknya. Masyita tetap tidak bergeming, bahkan imannya semakin mantab dan kuat. Dia tidak rela mengorbankan imannya sekalipun akan di siksa Fir’aun. Masyita hanya takut kepada Allah Swt.

Masyita akhirnya masuk kedalam air yang mendidih dengan jiwa yang tenang dan  damai.

Fir’aun seorang yang sejenisnya merupakan cerminan dari sosok manusia yang  memiliki jiwa yang sakit dan rusak. Fir’aun dan pendukungnya bukan saja sebagai penguasa yang bertindak dzalim terhadap rakyatnya sendiri, melainkan juga ingkar terhadap ayat-ayat Allah, mendusta dan melalaikan seruan Allah untuk berbuat baik dan ancaman Allah agar jangan berbuat jahat. Tetapi justru Fir’aun berbuat dzalim.

Maka pantaslah jika Allah menyiksa Fir’aun langsung didunia, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an:
Kemudian Kami menghukum mereka, maka Kami tenggelamkan mereka di laut disebabkan mereka mendustakan ayat-ayat Kami, dan mereka orang yang melalaikan ayat-ayat Kamu” (Al-A’raf: 136)

Siksa Allah terhadap Fir’aun dengan menenggelamkannya ke laut dalam konteks sekarang tidak ubahnya seperti kekuasaan komunis Uni Soviet, yang kini telah ditenggelamkan dan hancur berkeping-keping, sehingga bangkit negara-negara baru yang sebelumnya ditindas oleh rezin komunis. Penguasa-penguasa yagn seperti fir’aun tentu akan mengalami nasib yang sama, karena hukum Allah itu tetap berlaku terus sepanjang masa.

Adapun Masyita dan orang-orang yang beriman merupakan cerminan dari sosok manusia yang memiliki jiwa yang sehat dan tenang.

Inilah panggilan Allah Swt kepada orang-orang jiwa nya tenang:
Wahai jiwa yang tenang; kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya; maka masuklah ke dalam jamaah hamba-hamba-Ku; dan masuklah ke dalam Syurga-Ku” (Al-fajar: 27-30)

11 komentar:

  1. Dari artikel tausiyah ini semoga semakin membuat saya probadi selalu menjaga jiwa agar selalu bersih. Terima kasih sudah share sobt :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. amin. :)
      .
      oke sobat. terima kasih sudah mampir..
      salam kenal ^^

      Hapus
  2. sungguh sebuah pencerahan,.. saya jadi ingat kata2 begini "Surga adalah tempat manusia disisi Allah, untuk itu.. Allah telah bersihkan surga dari setan dan iblis. sedang tempat Allah didalam manusia adalah didalam hatinya, sudahkah kita bersihkan hati kita dari setan dan Iblis..."

    sukron sobat... terima kasih atas pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali sobat. :)
      .
      salam kenal ^^

      Hapus
  3. qabil dan habil itu sifatnya berlawanan ya. lumayan lah buat menambah wawasan.
    postingan yang bagus! sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali sobat. :)
      .
      salam kenal ya sobat ^^

      Hapus
  4. alaa bizikrillai tatma'innal qulub...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan mengingat Allah. hati terasa tenang.
      .
      makasih sobat kunjungan nya,, salam kenal ^^

      Hapus
  5. sebuah pencerahan yang sanat bermanfaat sob,......

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung
      salam kenal ^^

      Hapus
  6. Baccarat - Rules & Rules | FEBCASINO.COM
    The งานออนไลน์ best way to play Baccarat online and win real money 메리트카지노 online is with our free online games. This free game offers a wide range of exciting 바카라사이트 features.

    BalasHapus