Senin, 11 Juni 2012

PUASA SEHATKAN MUHAMMAD ALI


Dengan puasa, penyakit parkinson (gangguan susunan pusat syaraf) yang diderita mantan juara tinju dunia legendaris terkenal dan terbesar di abad ini, Muhammad Ali berangsur-angsur sembuh. Tetapi puasa ini dijalankan Ali beberapa minggu.

            Muhammad Ali yang memulai karirnya sejak 1960-an mematahkan petinju besar saat itu, yaitu joe Louis dan Sugar ray. Ali dengan gaya tinju terbangnya seperti kupu-kupu dan menyengat seperti lebah selalu bergerak lincah. Lawan-lawan tinju nya yang lain ialah Sonnyi Liston, Joe frazer, George foreman, Henry Cooper, Ken Norton, Leon Spinks dan Larry Holmes.

            Ketika ditanyakan oleh Ustaz Abdurrahman dari Nusa Tenggara barat yang menunaikan ibadah haji di makkah; bagaimana tentang kehebatan Mike Tyson yang selalu berkata “saya yang terhebat didunia” (tetapi kini Mike Tyson jatuh terhina karena zina dan diancam hukuman 60 tahun), Muhammad Ali berkata: “Dengan Bismillah, I git him (saya patahkan dia), sayang dia hidup bukan di zaman saya dan saya pun hidup bukan di zaman dia”

   Penyakit parkinson yang dideritanya, ada kemajuan 60% kata Muhammad Ali di Damaskus – ibukota Suriah, Rabu, 13 November 1991. Selama terapi puasa untuk menyembuhkan penyakit yang diderita bertahun-tahun itu, Ali Cuma minum madu dan air yang mengandung karbohidrat, dan itu dilakukan selama 22 hari. Hasilnya, kata Ali, demikian luar biasa dan ini dibenarkan oleh dokter pribadinya.

            Muhammad Ali, lahir 1 Januari 1942, turun berat badannya 14 kilogram karena menjalankan puasa. Tapi tekanan darahnya normal-normal saja. Bahkan boleh dikatakan membaik di bandingkan sebelum menjalani terapi puasa tersebut.

            Selain itu, Muhammad Ali yang nama asalnya sebelum masuk Islam tahun 1964, bernama Casius Clay itu langsung menghentikan ketergantungan pada obat. Biasanya, sehari dia minum 30 sampai 50 tablet sebagai jenis obat yang diresepkan dokternya. Ali didiagnosa dokter karena penyakit parkinson tahun 1984, sehingga gerakan seluruh tubuh sangat lambat, begitu juga kalau berbicara. Bahkan tubuhnya bergoyang-goyang seperti mau jatuh.

Lebih baik
            “Saya merasa lebih baik. Bicara saya lebih bagus, dengan Cuma sedikit goyangan tubuhnya”, kata Ali. Tapi, seperti juga kata dokternya, penyakit parkinsonnya yang di derita Ali belum tuntas sembuh. “Saya akan teruus melanjutkan puasa”, tambah Ali lagi.

            Dan luar biasa, Ali sekarang mampu berbicara banyak dalam konperensi pers selama lebih kurang setengahnya. Biasanya, Cuma secuap dua cuap kata yang dapat dikatakan, kemudian dia tampak kelengahan dan mengakhiri begitu saja pembicaraannya.

            Untuk membuktikan dia kini agak baikan, Ali memperliatkan lebih mantap memegang gelas, dna bisa minum berkali-kali tanpa ada setetes pun air dalam gelas itu terjatuh. Tangannya juga tampak kokoh, tidak terlalu bergetar.

            Dr. Adnan Halabi, salah seorang dari 7 dokternya mengatakan, “Ali cuman butuh waktu 40 hari berpuasa. Setelah itu, ia akan kembali menjalani diet normalnya, diawali dengan air jeruk dan sop hangat”. Tiga dokter ikut berppuasa dengan Ali, untuk memberikan semangat pantang menyerah kepada mantan petinju yagn beragama Islam dan berkali-kali berhaji ini.

            Dr. Adnan Halabi, juga mengatakan, Ali kini bisa berjalan lebih kokoh dan suaranya juga nyaris pulih. Dia yang meminta agar Ali meneruskan terapi puasa tersebut, dan ternyata Ali menyetujuinya sampai batas waktu 44 hari.

            Ali berada di Suriah sebagai tamu Presiden Hafes Al-Assad selama sebulan. setelah karir tinjunya berakhir dan dokter menduga kelainan pusat syaraf yang diderita Ali karena ada syaraf yang rusak ketika dihajar terus menerus saat bertanding tinju.

            Kini Muhammad Ali tetap dikenal sebagai petinju legendaris terhebat dan terbesar, tetap menjadi orang besar karena Akhlak Islam yagn diyakininya.

            Ali adalah Ali, yang pengabdiannya diserahkan untuk da’wah Islamiyah, hingga saat ini tetap optimis berbicara lantang, seperti ketika jaya masa sehatnya.

“Saya belum mati” ! katanya
Lebih lanjut dia berkata:
“Saya baru memulai yang baru saat ini”!
Selama ini hidup saya untuk tinju
Sekarang saya memulai yang baru untuk memerangi kriminal, memerangi rasial, memerangi kebodohan dan kemiskinan”

6 komentar:

  1. artikel yg bagus, kawan... puasa memang memiliki kuasa yg luar biasa, dengan berpuasa disertai sujud kpd Allah, segala persoalan hidup menjadi terasa ringan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sobat.
      .
      ALLAH maha pengasih lagi maha penyayang. :)
      .
      salam kenal ^^

      Hapus
  2. siapa yang meragukan akan khasiat puasa tapi puasa yang dimaksudkan disini adalah puasa yang berdasarkan tuntunan rasululah karena agama lain juga punya ibadah puasa,...
    Muh.Ali adalah salah tokoh dunia yang membuktikan akan kebesaran dan hikmah islam,semoga mengispirasi tokoh2 lain untuk bertobat dan memeluk islam sebagai agama terakhir mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WAAAH
      makasih bang atas pencerahan nya, makasih :)
      .
      salam kenal ^^

      Hapus
    2. shoum memang menyehatkan jiwa dan raga, btw muhammad ali memang favorit petinju sy dulu, dancing in the ring

      Hapus
    3. dan bisa menenangkan hati dan memperkuat iman :)
      .
      waaah, bener ntuh,, dancing in the ring..

      saya suka sekali dengan katanya Muhammad Ali yang ini...
      “Saya belum mati”, “Saya baru memulai yang baru saat ini”

      top markotop dah Muhammad Ali

      Hapus