Senin, 11 Juni 2012

MASJID TEMPAT KEMBALI


Masjid tempat suci umat Islam mempunyai daya tarik yagn khas. Daya tariknya bukan terletak pada bangunannya, melainkan juga pada kegiatan-kegiatannya. Bangunannya memiliki gaya dan arsitektur yang berbeda dengan rumah-rumah ibadah umaat lainnya. Bangunnanya memberikan warna dan bentuk yang bervariasi, namun tetap mempunyai ciri, memiliki kubah dan menara.

Kegiatan-kegiatannya bukan hanya bersifat sakral dan spiritual, melainkan juga keduniawian. Karena ajaran islam tidak membeda-bedakan dan memisahkan antara urusan dunia dan akhirat. Kegiatan-kegiatan masjid bukan hanya menyangkut ubudiyah, tapi juga muamallah, yang mencakup politik, sosial, budaya dan sebagainya. Oleh kerena itu masjid tidak akan pernah sepi dari amaliyah jamaah.

Masjid yang tidak pernah sepi dari jamaah dan juga dari kegiatan-kegiatan menandakan masjid itu makmur. Sebaliknya sekalipun masjid itu megah dan indah, namun sepi dari jamaah serta kegiatannya, menunjukkan masjid itu kurang makmur.

Masjid yang tidak makmur menandakaan umat Islam yang ada disekitarnya kurang atau lemat imannya. Karena lemahnya iman ini lah yang membuat umat islam segan dan enggan datang memakmurkan masjid. Adapun masjid yang makmur menunjukkanumat islam disekitarnya kuat imannya. Sebab Allah Swt menyatakan dalam Al-Qur’an:
“ orang yang meramaikan masjid, diantaranya adalah orang-orang yang beriman”. (At-Taubah:18).
Orang-orang yang beriman akan senantiasa mengingat Allah. Mereka patuh dan taat pada perintah Allah untuk dilaksanakan dan larangan-Nya di tinggalkan. Apabila mereka mendengar seruan atau panggilan Allah, maka hati mereka akan bergetar. Mereka pun akan cepat-cepat memenuhinya.

Demikianlah halnya apabial mereka mendengar suara azan berkumandang yang menandakan waktu shalat telah tiba, maka mereka akan segera mendatangi masjid untuk melaksanakan ibadah shalat. Mereka tinggalkan berbagai kesibukan dan pekerjaan yang tengah dihadapinya untuk memenuhi seruan atau panggilan Allah itu. Begitu pula apabila dimasjid ada kegiatan-kegiatan, maka mereka pun akan turut membantu dan menghindarinya, guna menambah amal dan meningkatkan imannya.

Tempat Pulang
Bagi orang-orang beriman tentu akan senantiasa mendatangi masjid. Baik dalam suka maupun duka, mereka tidak akan melupakan masjid. Mereka tidak akan akan membiarkan masjid dalam keadaan sepi. Mereka bukan saja datang untuk melaksanakan ibadah shalat, tetapi mereka juga menghadiri kegiatan-kegiatan, melainkan juga mengisi masjid dengan berbagai kegiatan.

Begitu pula keadaan masjid senantiasa mereka pelihara dengan baik. kerusakan yang ada akan mereka perbaiki, kekurangan akan mereka tambah, kebersihan akan mereka jaga, sehingga mereka tidak tidak akan segan-segan mengorbankan fikiran, tenaga, waktu dan harta untuk kepentingan dan kebutuhan masjid.

            Bagi orang-orang beriman, masjid adalah tempat kembali atau tempat pulang. Berbagai kesibukan yang mereka hadapi setelah selesai, lalu mereka kembali pulang ke masjid. Mereka penuhi seruan atau panggilan Allah Swt untuk bersujud dan menyerahkan diri kepada-Nya. Mereka yang telah meniggalkan pekerjaannya, karena sudah pensiun aktif kembali pulang ke masjid. Mereka menghabiskan waktunya untuk melakukan ibadah dirumah Allah ini.

             Para pejuang yangn telah selesai atau pulang bertempur kembali pulang ke masjid, baik untuk menyatakan rasa syukur maupun melakukan ibadah kepada-Nya. Sebab itu masjid ini lah mereka memperoleh kedamaian dan ketentraman. Ditempat inilah segalai belenggu duniawi yang fana.
    
           Pantaslah Rasulullah, Muhammad Saw. Telah menjadikan masjid berdampingan dengan rumah tempat tinggalnya. Beliau tinggal di emper masjid. Dengan demikian beliau dapat senantiasa kembali pulang ke masjid. Bukan saja disaat beliau memenuhi seruan atau panggilan Allah untuk menunaikan ibadah dan shalat, melainkan juga ketika beliau akan berangkat atau kembali dari da’wah dan perang.

            Dimasjid ini beliau menyusun siasat perang, bermusyawarah, mengatur pemerintahan, memberikan khutbah dan ceramah dan lain sebagainya. Bahkan beliau pun meninggal disemayamkan dan dishalatkan didalam masjid. Hal ini menunjukan kepada umatnya, masjid adalah temapt ibadah dan kegiatan uamt sekaligus tempat kembali pulang bagi orang-orang yang beriman.

            Nabi Muhammad Saw mengajarkan doa dikala :

1.    Menuju Masjid
Allaahummaj’al fii qalbii nuuran wa fii lisaanii nuuran waj’al fii sam’ii nuuran waj’al fii basharii nuuran waj’al min khalfii wa min amaamii nuuran waj’al min fawqii nuuran wa min tahtii nuuran. Allahumma a’thinii nuuran.
Artinya :
Ya Allah, jadikanlah dalam qalbuku nur, dalam lisanku nur, jadikanlah dalam pendengaranku nur dan dalam penglihatanku nur. Jadikanlah dari belakang-ku nur dan dari depanku nur. Jadikanlah dari atasku nur dan dari bawahku nur. Ya Allah, berilah aku nur tersebut. (HR.Muslim)

2.    Masuk Masjid
A’udzubillahil ‘aliyyil ‘azhiim, wabiwajhihil kariim, wa bisulthoonihil qodhiim, minasy syaythoonirrojiim,Alhamdulillahi robbil ‘aalamiin. Allohumma sholli wa salim ‘alii Muhammad, wa ‘alii alaa Muhammad. Allohummagh firlii dzunuubii waf tahlii abwaaba rohmatik.
Artinya:
“Aku berlindung kepada Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung dan dengan Dzat-Nya yang Maha Mulia dan kekuasaan-Nya yang tidak berpermulaan, dari gangguan syetan yang terlaknat. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Ya Allah, rahmatilah Muhammad dan juga rahmati keluarganya. Ya Allah, ampunilah dosaku dan bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.” (H.R. Abu Daud)

            Allaahummaftah lii abwaaba rahmatika
            Artinya:
            “Ya Allah, bukalah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu” (Hr.muslim)

3.    Keluar masjid
Allohumma innii as aluka min fadhlik.
Artinya:
”Yaa Allah aku mohon kepada-Mu akan karunia-Mu.” (H.R. Muslim, Abu Dau, Ibnu Majar dan Nasai)


2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum. Sungguh info yang bagus. Benar benar bagus, semoga kita semua dalam lindungan Allah dan diberi kesadaran untuk senantiasa beribadah.
    zayaps.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakhatuh....
      amin ya Rabbal Alamin. semoga hidayah dan ridho nya dilimpahkan kepada orang orang yang selalu ingat kepada tempat kembalinya yaitu masjid untuk melaksanakan kewajiban.
      ...
      terima kasih atas kunjungan nya zayaps.blogspot.com.
      ,, :)

      Hapus